Apa penyebab penyakit herpes?

Posted by Blog Info Penyakit on Jumat, 05 Januari 2018

penyebab penyakit herpes
Penyebab penyakit Herpes - Apa itu penyakit herpes? kita seringkali mendengar yang namanya penyakit herpes, jenis penyakit herpes ini baru tren pada akhir tahun-tahun ini, penyakit herpes merupakan jenis penyakit kulit yang dulu disebut sebagai penyakit cacar, merupakan penyakit radang pada kulit yang berbentuk gelembung-gelembung air yang jumlahnya berkelompok. Penyakit herpes ini digolongkan dua jenis yaitu jenis herpes simplex dan herpes zoster, pada dasarnya dua jenis herpes ini penyebabnya sama yaitu virus yaitu virus HHV atau kepanjangan dari Human Herpes Virus, virus tersebut menyebabkan infeksi pada kulit sehingga mengalami peradangan.

Gejala awal yang timbul diakibatkan oleh virus herpes secara umum biasanya mengalami demam, kemudian menggigil, merasa sesak napas, mengalami nyeri dipersendian atau merasa pegal pada bagian tubuh, kemudian biasanya dibarengi dengan munculnya bintik kemerahan pada kulit yang selanjutnya membentuk gelembung berisi cair. Gejala lainnya yang muncul pada penderita penderita herpes adalah mengalami sakit perut, gejala seperti ini biasanya terjadi selama kurang lebih seminggu. Selain itu munculah radang gelembung yang berisi cairan dan apabila cairan ini pecah maka dapat menyebabkan penularan jika bersentuhan dengan obyek lain. Selain penularan lewat kontak fisik, penyakit herpes juga bisa menular melalui hubungan seksual, penularan penyakit herpes bisa lainnya bisa juga melalui dari bersin, kemudian batuk, dan juga pakaian yang terkena gelembung yang pecah. 

PENYEBAB PENYAKIT HERPES
Penyebab penyakit herpes tentunya adalah disebabkan oleh virus Human Herpes Virus (HHV), virus ini bisa disebabkan dari penularan dari penderita herpes atau bisa juga disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, yaitu kurang bisa menjaga kebersihan, jadi usaha yang bisa kita lakukan adalah demham menghindari kontak fisik dengan penderita herpes dan selalu jaga kebersihan lingkungan kita dan tentunya juga jaga daya tahan tubuh agar selalu fit karena dengan imun tubuh yang kuat maka virus juga sulit untuk menyerang tubuh kita.

PENCEGAHAN PENYAKIT HERPES
Penyakit herpes dapat muncul kembali meskipun sudah sembuh dan diobati, hal ini disebabkan oleh gelembung cairan pada kulit menghilang, akan tetapi bukan berarti virus tersebut sudah hilang dari tubuh. Karena bisa saja virus herpes tersebut bersembunyi di saraf tulang belakang kita dan menunggu kesempatan untuk menyerang kembali, untuk itu apabila anda pernah menderita penyakit herpes, alangkah baiknya selalu menjaga tubuh agar daya tahan tubuh (imun) tidak menurun, jaga tubuh agar selalu fit, hindari juga pikiran yang berlebihan yang menyebabkan stress.

PENANGANAN DAN PENGOBATAN HERPES
Penangnan yang bisa dilakukan penderita herpes adalah dengan menjaga agar radang atau gelembung cairan tersebut agar tidak pecah, hal ini dimaksudkan agar tidak meninggalkan bekas yang menjadi jalan masuk kuman / virus lain, bisa juga dengan memberi bedak talk untuk melicinkan kulit. Obat-obatan yang bisa diberikan untuk mengurangi gejala dari penyakit herpes ini bisa dengan memberikan obat nyeri dan demam seperti paracetamol yang bertujuan untuk mengurangi demam dan nyeri pada penderita.

Nah, itulah informasi seputar penyebab penyakit herpes, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca intisari dari penjabaran artikel ini adalah dengan tetap jagalah kesehatan tubuh dengan pola makan sehat, pola hidup sehat, dan jaga pula lingkungan yang bersih dan sehat pula. Terima kasih


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 22.16

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel