Penyakit tipes

Posted by Blog Info Penyakit on Senin, 14 Desember 2015

Artikel kesehatan - Apa itu penyakit tipes? di masyarakat penyakit tipes ini dikenal dengan nama TIPES atau thypus, akan tetapi dalam dunia kedokteran disebut Typhoid Fever atau Thypus abdominalis, karena berhubungan dengan usus pada perut. Penyakit tipes atau thypus merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi, bakteri tersebut masuk dengan berbagai macam, seperti lewat makanan, lewat peralatan dapur seperti piring, gelas yang kurang bersih dan mengandung bakteri, atau bisa juga lewat pola hidup yang kurang sehat seperti tidak mencuci tangan sebelum makan, padahal tangan kita mengandung bakteri. Bakteri penyebab penyakit tipes biasanya masuk melalui saluran pencernaan, setelah itu berkembang biak kemudian menembus dinding usus menuju saluran limpa, selanjutnya masuk ke dalam pembuluh darah dalam waktu sekitar 24 sd 72 jam, dan kemudian dapat terjadi pembiakan pada sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.
Berhati-hatilah dengan penyakit tipes ini karena jenis penyakit tipes ini bisa saja menyerang semua kalangan, mulai dari balita hingga orang dewasa. Pada umumnya penyebab utama terjadinya penyakit tipes ini adalah masyarakat yang kurang menyadari akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan sehingga kuman ataupun bakteri bisa berkembang di sekitar kita. Dan pada akhirnya bisa saja bakteri penyebab tipes ini bisa bersarang di gelas, sendok, bahkan piring Anda. Hal inilah yang mesti Anda waspadai agar Anda bisa selalu memperhatikan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri sehingga terhindar dari penyakit tipes.
Pada umumnya gejala penyakit tipes biasanya ditandai dengan demam yang tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius. Selain itu demam tersebut juga bisa juga disertai dengan sakit kepala atau gangguan sistem pencernaan, seperti konstipasi. Demam tinggi ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang bernama Salmonella typhi, dan pada umumnya demam tersebut terjadi pada malam hari dan pada siang harinya penderita sembuh seperti biasa. Apabila Anda atau anak Anda mengalami gejala penyakit tipes seperti berikut waspadalah, untuk lebih baiknya segeralah melakukan pengobatan penyakit tipes atau bawa ke dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih jelas.
Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang tidak menular, karena penyakit tipes ini disebabkan oleh makanan yang terjangkit bakteri yang disertai juga dengan kondisi tubuh yang sedang lemah, sehingga memudahkan bakteri untuk bereaksi. Anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan pola hidup sehat, cuci peralatan dapur dengan bersih seperti piring, gelas, sendok dan lainnya, selain itu selalu cuci tangan sebelum makan karena mungkin saja bakteri terdapat pada tangan kita ketika kita sudah beraktivitas. Hindari makan makanan yang kurang terjamin kebersihannya, seperti makanan dipinggir jalan. Selain cara itu anda juga bisa melakukan vaksin tipes yang bisa melindungi anak anda dari serangan penyakit tipes selama kurang lebih tiga tahun yang bisa dilakukan lewat suntik atau obat yang diminum. Nah, itulah sekilas mengenai penyakit tipes mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca yang sedang mencari informasi tentang jenis penyakit ini.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 15.35

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel