Tips makanan sehat untuk penderita sakit maag

Posted by Blog Info Penyakit on Rabu, 10 April 2013

Artikel kesehatan - Sakit maag biasanya menyerang kita di saat-saat stress meningkat, dan disaat pola makan yang tidak teratur. Akan tetapi, jika Anda memiliki mukosa lambung yang sehat dan tebal itu merupakan bukan pantangan, karena itu penting pula bagi anda untuk mengkonsumsi makanan atau suplemen yang dapat menyehatkan mukosa lambung Anda. Jika Anda dinyatakan positif menderita sakit maag, sebaiknya kenali pula jenis-jenis makanan yang tidak mengganggu maag Anda.

Salah satu cara untuk mengurangi maag kambuh lagi, maka makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi yang sering. Misalnya, Anda dapat mengkonsumsi makanan ringan tiap 1 atau 2 jam sekali sebelum atau sesudah makan besar untuk menghindari perut dalam keadaan kosong. Untuk penderita sakit maag alangkah baiknya perbaiki pola makan dari sekarang dan hindari beberapa makanan pantangan sakit maag untuk lebih jelas silahkan baca artikel tentang pantangan makanan penderita maag selain itu Penderita sakit maag dan radang lambung disarankan untuk mempertimbangkan makanan sehat berikut yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti :

Bubur Ayam : Makanan sehat bagi penderita sakit maag yang pertama adalah bubur ayam, bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.

Kentang : Makanan sehat bagi penderita sakit maag berikutnya adalah kentang, sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain. Jadi untuk penderita sakit maag mulai konsumsilah kentang.

Pisang Masak : Pisang masak mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Brokoli : Makanan sehat bagi penderita sakit maag lainnya adala brokoli, brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

Permen Karet (bukan untuk dimakan) : Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung. (source : lambungsehat.com)

Nah, itulah tips beberapa jenis makanan sehat untuk dikonsumsi penderita sakit maag, bagi anda penderita sakit maag, konsumsilah makanan di atas karena, tetapi jangan lupa hindari beberapa makanan pantangan untuk penderita sakit maag, dan jangan lupa perbaiki pola makanan anda dari sekarang.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 05.25

2 komentar:

  1. Obat Maag
    goo.gl/Poc48Z
    Kalo udah terkena penyakit maag obatnya apa yaa gam?

    BalasHapus
  2. keren sob artikelnya, ditunggu artikel yang lainnya

    http://pusatobatherbal19.blogspot.co.id/2015/09/obat-herbal-penyakit-maag-paling-manjur.html

    BalasHapus

Cari Artikel