Penyakit maag

Posted by Info Penyakit on Jumat, 08 Maret 2013

Artikel kesehatan - Gastritis atau sakit maag merupakan penyakit yang disebabkan oleh asam lambung yang melimpah dibandingkan jumlah makanan di dalam lambung, selain akibat gangguan keasaman lambung ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag. Biasanya penyakit maag terjadi pada orang-orang yang mempunyai pola makan tidak teratur dan bila dibiarkan berlanjut dapat berakibat fatal. Penyebab sakit maag yang sering terjadi dikarenakan pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau pola hidup yang kurang sehat seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Sakit maag dapat terjadi apabila penderita telat makan, lalu pada saat makan si penderita makan dengan porsi yang berlebihan.

Nyeri lambung atau gejala maag yang berulang kali tapi tidak jera meski sudah diobati, juga bisa menjadi awal unculnya penyakit kanker lambung. Disamping itu kotoran atau tinja penderita akan berwarna gelap. Hal ini merupakan tinja yang bercampur dengan darah dan pencernaan. Bila sudah ada tanda-tanda ini, maka segeralah penderita berkonsultasi dengan para ahli. Disamping itu muncul lagi rasa sakit kepala, mual dan selalu mau muntah. Ketika penderita memuntahkan kembali material yang sudah dimakan sebelumnya yang kadang-kadang bercampur darah atau lendir yang berwarna seperti kopi air.

Gangguan pada lambung disebabkan oleh tidak terkontrolnya produksi asam lambung. Tidak jarang, asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam. Sakit maag atau sering disebut radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Pada keadaan yang cukup parah, radang lambung dapat menimbulkan perdarahan (hemorrhagic gastritis) sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul dilambung. Penderita bisa muntah yang mengandung darah. Nah, itulah sekilas mengenai penyakit maag mudah-mudahan dengan mengetahui deskripsi dari penyakit maag sehingga kita bisa menghindarinya mulai dari makan teratur dan menghindari beberapa yang menyebabkan penyakit maag tersebut.



Share/Bookmark
Blog, Updated at: 05.38

0 komentar:

Posting Komentar