Inilah penyebab diabetes melitus yang harus dihindari

Posted by Blog Info Penyakit on Jumat, 01 Januari 2016

InfoPenyakit - Diabetes melitus (DM) merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, tidak sedikit orang yang menderita penyakit diabetes melitus ini, bahkan banyak sekali diantaranya yang harus berakhir dengan kematian. Berdasarkan data 2013 negara kita Indonesia menempati peringkat ke-7 berdasarkan jumlah penderita penyakit diabetes pada level dunia. Pada umumnya penyakit diabetes melitus dikenal dengan dua jenis yaitu diabetes melitus tipe satu dan diabetes melitus tipe dua, dari kedua tipe ini sama berbahayanya, karena biasanya sukar sekali untuk disembuhkan.  Biasanya gejala awal penderita diabetes melitus mengalami kelelahan yang berlebihan meskipun tubuh tidak beraktivitas keras, untuk lebih jelas mengenai gejala diabetes melitus baca artikel kami sebelumnya tentang gejala penyakit diabetes melitus.

Penyebab umum penyakit diabetes melitus

Pada dasarnya penyebab utama dari penyakit diabetes melitus adalah tentunya pola hidup yang buruk, seperti diawali dengan pola makan yang tidak sehat seperti, makan makanan yang tinggi kalori, mengalami obesitas atau kegemukan, dan jarang sekali melakukan olahraga. Sedangkan pada diabetes melitus tipe dua yang menjadi penyebab penyakit diabetes melitus adalah salah satunya adalah nasi putih, meskipun nasi putih menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia akan tetapi tidak serta merta baik untuk kesehatan kita, konsumsi nasi putih secara berlebihan akan berakibat buruk karena berpotensi mengidap penyakit diabetes melitus. Nasi putih mengandung karbohidrat tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh mudah naik, untuk itu biasanya penderita diabetes melitus tipe dua ini harus mencoba menghindari konsumsi nasi putih ini atau bisa juga dengan mencari pengganti konsumsi nasi dengan makanan lain sebagai sumber energi tubuh.
Selain nasi putih, penyebab diabetes melitus lainnya adalah jenis makanan mie. Ada banyak sekali jenis mie instan yang beredar dan sebagian orang menyukai jenis makanan ini, karena selain mudah dimasak, mie instan juga bisa dikonsumsi untuk pengganti nasi sebagai sumber energi. Mie dibuat dari tepung yang mengandung karbohidrat tinggi sama seperti nasi putih sehingga sangat kurang baik dikonsumsi penderita diabetes melitus. Nah, mulai sekarang kurangilah konsumsi jenis makanan mie yang berlebihan karena beresiko menyebabkan penyakit diabetes melitus.
Selain itu hindari juga makan makanan dalam kemasan. Makanan yang dikemas biasanya mengandung kalori yang tinggi, garam, gula, dan juga pengawet yang dapat menyebabkan penyakit diabetes melitus, hindarilah makan makanan yang dikemas secara berlebihan karena akan beresiko menjadi penyebab penyakit diabetes melitus. Tidak hanya itu makanan kemasan juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti kolesterol tinggi dan lainnya. 
Selain beberapa makan makanan di atas hindari juga minuman soda yang berlebihan karena soda juga merupakan salah satu faktor penyebab penyakit diabetes melitus. Hidari juga makanan seperti daging merah yang berlebihan. Pada umumnya penyakit yang kita derita merupakan disebabkan oleh pola hidup kita sendiri yang kurang baik, untuk itu jaga selalu pola hidup diantaranya adalah dengan menjadi pola makan yang sehat, selain dari beberapa makanan di atas, penyebab diabetes melitus lainnya adalah faktor keturunan atau genetik, faktor genetik ini merupakan salah satu faktor penyebab diabetes melitus yang sulit sekali untuk dihindari, karena biasanya diturunkan dari orang tua kita. Untuk itu apabila anda mempunyai keluarga yang punya sejarah penderita diabetes melitus haruslah berhati-hati yaitu dengan menjaga pola makan yang sehat dan hindari beberapa makanan di atas.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 05.20

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Artikel