Mengenal Asam urat atau ghout

Posted by Info Penyakit on Senin, 15 April 2013

Artikel kesehatan - Penyakit asam urat yang dalam istilah medis dikenal dengan gout merupakan penyakit akibat dari adanya penumpukan asam urat di dalam tubuh secara berlebihan, baik akibat produksi yang meningkat ataupun dari makanan yang mengandung purin berlebihan, dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. 

Secara medis asam urat diartikan sebagai kondisi dimana menumpuknya zat purin dalam tubuh yang tidak bisa dikeluarkan secara keseluruhan oleh ginjal. Sehingga terbentuklah kristal-kristal purin disekitar persendian yang memberikan sensasi rasa nyeri dan keadaan sendi yang membengkak. Secara alami tubuh pun memproduksi zat purin dengan sendirinya, namun pemicu tingginya kadar purin dalam tubuh itu disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi, sebab zat purin pun terdapat pada makanan yang berasal dari makhluk hidup, sehingga zat purin yang terdapat dalam makanan tersebut akan berpindah pada tubuh kita.

Sebenarnya terbentuknya asam urat adalah sesuatu yang wajar jika kadarnya dalam tubuh masih dalam batas normal yaitu sekitar 2, 4-6 untuk wanita dan 3,4-7 pada pria. Asam urat ini akan diproses di dalam ginjal dan akan dikeluarkan dari tubuh secara alami melalui urin dan sedikit bagian melalui feses. Ada dua hal penting yang bisa menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh tinggi yaitu terlalu banyak memakan makanan yang mengandung purin sehingga produksi asam urat meningkat atau fungsi ginjal yang menurun sehingga tubuh tidak dapat membuang asam urat secara alami. Kadar asam urat yang terlalu banyak dalam tubuh memang bisa menyebabkan sakit persendian karena kristal asam urat akan terbentuk dipersendian. Selain itu, kristal juga dapat terbentuk di ginjal yang menyebabkan penyakit batu ginjal dan selanjutnya menjadi gagal ginjal.

Penyakit asam urat atau ghout digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder. Penyakit ghout primer, 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik), diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh. Gejala asam urat biasanya nyeri sendi yang terjadi tiba–tiba dan sering di malam hari, biasanya menyerang sendi besar seperti jempol kaki, atau pergelangan kaki, lutut, tangan, dan pergelangan tangan dan biasanya sendi yang terkena menjadi bengkak dan kemerahan. Nah, itulah sekilas mengenai penyakit asam urat atau ghout mudah-mudahan bermanfaat dan dapat dijadikan acuan untuk pencegahan penyakit tersebut.


Share/Bookmark
Blog, Updated at: 23.27

0 komentar:

Posting Komentar